Manfaat Neraca Saldo Beserta Fungsinya

Manfaat Neraca Saldo Beserta Fungsinya

Neraca percobaan sangat berbeda dari neraca pada laporan keuangan. Neraca uji coba ini hanya berisi buku besar nominal sebelum entri penyesuaian dibuat. Sedangkan neraca dalam laporan keuangan hanya terdiri dari akun riil, yaitu aset dan kewajiban saja. Dalam neraca saldo tidak hanya ada akun riil, ada juga akun nominal. Jadi dapat disimpulkan bahwa neraca saldo ini adalah ringkasan dari buku besar. Forman terdiri dari nomor rekening, akun, debit dan kredit, dan total kredit debit nominal.

Istilah neraca mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berada di dunia akuntansi. Neraca adalah salah satu bagian dari laporan keuangan yang juga dikenal sebagai neraca. Neraca merupakan bagian penting dari laporan keuangan perusahaan yang berisi informasi tentang aset, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham pada akhir periode akuntansi perusahaan. Apa itu Neraca? Neraca adalah salah satu laporan keuangan penting yang harus dibuat oleh perusahaan. Neraca juga merupakan bagian penting dari laporan keuangan perusahaan yang menjadi dasar bagi perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis.

Pengertian Neraca adalah laporan tentang aset perusahaan atau keadaan posisi keuangan perusahaan. Neraca dapat memberikan informasi tentang kekuatan atau ketidakhadiran posisi keuangan perusahaan dengan mengencangkan bagian yang dimiliki perusahaan dan bagian yang dipinjam dari pihak lain dalam periode tertentu. Selain itu, neraca saldo adalah daftar debit dan kredit di mana secara sistematis mencatat saldo masing-masing akun buku besar.

Jadi, penjelasan yang telah disajikan mungkin masih agak rumit. Lebih mudah, saldo percobaan berasal dari saldo akun dari buku besar setelah transaksi keuangan tambahan. Mau tahu lebih banyak tentang ilmu akuntansi? Akuntansilengkap adalah situs terbaik untuk belajar ilmu akuntansi.

Fungsi Neraca

Fungsi neraca saldo juga sebagai kontrol untuk menulis buku besar. Kadang-kadang kita dapat menempatkan nominal yang tidak boleh (harus didebit tetapi dengan kredit), jumlah input yang salah, terbalik dengan akun lain, dan lebih dari itu muncul dari saldo. Jumlah pada akhir saldo harus sama antara debit dan kredit, ketika jumlahnya tidak sama berarti kita harus memperbaiki kesalahan dalam buku besar. Namun, jika tidak ada kesalahan dalam buku besar, kita dapat memeriksa jurnal umum atau rekapitulasi jurnal yang telah disediakan.

Manfaat Neraca

Manfaat mempersiapkan neraca saldo untuk perusahaan adalah:

  1. Dapat mempermudah memeriksa kebenaran buku besar yang telah dibuat. Ketika jurnal buku besar dibuat dengan benar sebagai dasar untuk mempersiapkan saldo percobaan, jumlah total kolom debit dan kredit yang muncul pada saldo percobaan akan menunjukkan jumlah saldo yang ballance (sama). Dengan demikian saldo uji coba dapat dianggap benar.
  2. Penyusunan neraca saldo berguna sebagai sumber pembuatan kertas kerja (lembar kerja) dan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan keseimbangan

Ada 2 faktor utama mengapa transaksi membutuhkan skala penyesuaian, yaitu:

  1. Keadaan di mana transaksi telah terjadi. Namun informasi mengenai transaksi belum diperkirakan.
  2. Perkiraan transaksi yang telah terjadi telah dicatat. Namun, perkiraan saldo masih dalam tahap penyesuaian sehingga dapat diperoleh dalam jumlah yang tepat.

Fungsi Penyesuaian Jurnal

Fungsi penyesuaian jurnal adalah seperti dibawah ini :

  1. Formulasi untuk akhir periode dalam akun buku besar umum. Dengan demikian, saldo yang tercantum tidak berbeda dengan saldo yang seharusnya.
  2. Untuk menghitung biaya dan pendapatan yang dihasilkan selama periode terakhir.

Demikian informasi mengenai Manfaat Neraca Saldo yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.