Manfaat Neraca Saldo untuk Perusahaan

Manfaat Neraca Saldo untuk Perusahaan

Manfaat Neraca Saldo sangat beraneka ragam, terutama untuk mengetahui kondisi keuangan dari suatu usaha atau bisnis yang dijalankan. Neraca Saldo merupakan daftar penutupan akun dari Buku Besar pada tanggal tertentu. Daftar penutupan akun ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahan-perusahaan besar saja. Melainkan berbagai usaha atau bisnis yang dijalankan baik masih UMKM atau UKM pun tetap membutuhkannya.

Manfaat Neraca Saldo yang Harus Anda Ketahui

Salah satu Manfaat Neraca Saldo yaitu berguna untuk melakukan pengecekan terhadap kebenaran buku besar yang sudah dibuat. Cara mengetahui kebenarannya yaitu melihat jumlah total kolom debet dan kredit pada neraca saldo sama (balance) atau tidak.

Jika saldo bagian debet dan kredit sama, maka neraca saldo dan jurnal buku besar benar. Namun jika kedua debet dan kredit beda, Anda harus mengoreksinya lagi. Mungkin ada pemasukan atau pengeluaran yang terlewat atau kelebihan.

Neraca saldo juga berguna sebagai sumber pembuatan kertas kerja atau neraca lajur. Neraca Lajur adalah suatu lembaran kertas berkolom atau berlajur yang digunakan dalam kegiatan akuntansi secara manual. Adanya neraca lajur berguna untuk mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan.

Selain itu, adanya neraca saldo juga bermanfaat untuk dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan. Daftar penutupan dari buku besar sebagai modal dalam pembuatan laporan keuangan pada perusahaan baik produk berupa barang maupun jasa.

Neraca saldo  yang menjadi wujud dari penerapan ilmu akuntansi dalam penyajian data. Daftar ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi sebelum pembuatan berbagai laporan keuangan selanjutnya. Seseorang dapat dengan mudah mengoreksi seluruh catatan dan siklus akuntansi.

Neraca Saldo pun juga bermanfaat untuk  mempermudah siapapun dalam mengoreksi atau mengontrol perusahaan dalam bidang keuangan atau administratif. Karena dalam daftar transaksi yang telah dilakukan ditulis dengan lengkap dan secara mendetail. Perusahaan dapat dengan mudah memonitoring keuangannya.

Selain itu, penyusunan Saldo juga berguna untuk melihat posisi aktiva, kewajiban maupun modal setelah disusun dalam Buku Besar. Proses menyusun neaca saldo haru hati-hati dan teliti untuk memperoleh hasil yang valid dan akurat.

Baca juga : Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

4 Kolom Utama pada Neraca Saldo

  • Nomor Akun

Pada bagian kiri Neraca Saldo terdapat nomor akun. Nomor ini berisi berbagai kode akun dari setiap akun yang ada di Buku Besar perusahaan. Nomor ini harus ditulis secara sistematis atau urut dari kode yang menunjukkan kode harya hingga akun beban

  • Nama Akun / Keterangan

Disamping Nomor Akun terdapat kolom yang berisi Nama Akun atau kerenagan. Penulisan dalam neraca saldo diurutkan dari golongan akun harta, akun utang, akun modal dan akun pendapatan. Sedangkan pada golongan terakhir berisi akun beban.

  • Debit

Kolom setelah Nama Akun yaitu kolom Debit. Kolom ini berisi saldo dari setiap akun yang memiliki nilai debit sesuai dengan Buku Besar Perusahaan yang dijadikan sebagai titik acuannya.

  • Kredit

Kolom selanjutnya yaitu kolom Kredit. Kredit berisi saldo setiap akun yang memiliki nilai kredit sesuai dengan Buku Besar Perusahaan yang menjadi acuan.

 Software Mudah dan Lengkap dengan Finata

Kini membuat neraca saldo maupun laporan keuangan lain dapat dengan mudah dilakukan. Finata yang merupakan Software Akuntansi ini memberikan layanan dengan berbagai fitur terbaik untuk membantu organisasi bisnis berkembang.

Manfaat Neraca Saldo yang beraneka ragam mengharuskan Anda tidak boleh melakukan kesalahan. Nah, software ini akan sangat membantu Anda mempermudah membuat laporan dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Apalagi ditambah dengan adanya platform pengelola bisnis di dalamnya.

2 Replies to “Manfaat Neraca Saldo untuk Perusahaan”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.