Manfaat Vitamin Prenatal

Manfaat Vitamin Prenatal 1

Manfaat Vitamin Prenatal 2Pengalaman yang sangat mengubah hidup adalah memiliki bayi. Vitamin Prenatal adalah satu hal yang harus Anda ingat dalam semua kegembiraan merencanakan pembibitan dan membeli boks bayi dan pakaian bayi yang lucu, dan jauh sebelum Anda hamil.

tanda melahirkan pembukaan 1 Ya, vitamin prenatal adalah suatu keharusan dalam gaya hidup saat ini di mana wanita tidak memenuhi kebutuhan gizi yang cukup dari makanan saja. Kebanyakan wanita tidak punya waktu untuk makan makanan bergizi yang tepat karena ini adalah kehidupan yang sibuk dan serba cepat. Jadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda dan mulai mengonsumsi vitamin, jika Anda berencana untuk memiliki bayi, sebelum hamil.

Vitamin prenatal harus diminum sebelum, selama, dan bahkan setelah kehamilan hanya karena pada saat genting ini simpanan tubuh habis saat tubuh mempersiapkan bayi.

Mengapa vitamin prenatal penting?

Vitamin prenatal mengandung kombinasi vitamin dan mineral penting yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi yang sehat. Jika vitamin ini dikonsumsi setidaknya enam bulan sebelum konsepsi, maka kemungkinan cacat lahir sangat berkurang.

Studi medis menunjukkan bahwa sebagian besar cacat lahir biasanya terjadi dalam 28 hari pertama setelah pembuahan dan kadang-kadang wanita bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah hamil. Satu-satunya cara di mana cacat lahir dapat dihindari atau dicegah adalah ketika Anda mengambil vitamin prenatal sebelum konsepsi. Sebagian besar cacat lahir dapat dicegah dengan program nutrisi prenatal yang sehat. Asam folat hanya salah satu dari daftar panjang nutrisi seperti asam lemak omega-3 yang mengurangi cacat lahir dan meningkatkan kesehatan bayi baru lahir.

Beberapa vitamin dan mineral yang dapat Anda temukan dalam vitamin prenatal yang umum adalah:

Asam folat – Ini adalah salah satu komponen terpenting vitamin. Asam folat sangat membantu dalam mengurangi terjadinya cacat saraf seperti spina bifida. Spina bifida terjadi pada tahap awal kehamilan ketika medula spinalis tidak tertutup, menyebabkan saraf terekspos dan paling sering menyebabkan kelumpuhan dan bahkan keterbelakangan mental.

Sumber alami asam folat termasuk sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jus jeruk, dan buah jeruk lainnya. Terlepas dari sumber-sumber ini, jika Anda ingin memastikan Anda memiliki asam folat yang cukup, lebih baik untuk mengambil suplemen dalam bentuk vitamin. Asam folat juga dikenal untuk mencegah cacat serius lainnya, hidrosefalus, yang merupakan kondisi yang tidak dapat disembuhkan di mana cairan serebrospinal berkumpul secara tidak normal di rongga otak yang menyebabkan disfungsi neurologis. Dokter merekomendasikan setidaknya 400 mcg asam folat dalam sehari.

Kalsium – Kalsium ditemukan dalam sumber-sumber alami seperti produk susu, telur, kacang kedelai, kacang-kacangan dan ikan meskipun sangat disarankan agar Anda mengambil suplemen karena dapat diserap lebih baik oleh tubuh. Ketika janin tumbuh di dalam tubuh, ia mulai menipiskan kalsium di tulang-tulang tubuh ibu karena ia membutuhkannya untuk pertumbuhannya sendiri. Karena ini, Anda bisa kehilangan kepadatan tulang Anda sendiri dan itu bisa menyebabkan banyak masalah di kemudian hari, osteoporosis menjadi salah satunya. Suplemen kalsium memberikan sumber kalsium yang dibutuhkan janin yang sedang tumbuh.

Zat Besi – Ketika Anda hamil, tubuh memproduksi lebih banyak darah dan akibatnya menghabiskan lebih banyak zat besi dari tubuh. Salah satu masalah paling umum yang dialami wanita hamil adalah anemia. Karena kekurangan zat besi ini, anemia terjadi dan dapat menyebabkan kelelahan dan kelelahan. Komplikasi lain juga bisa terjadi karena anemia. Namun suplemen zat besi biasanya dikonsumsi setelah trimester pertama.

Vitamin prenatal yang tepat

Tidak mudah untuk mendapatkan vitamin prenatal di pasaran akhir-akhir ini, tetapi jika Anda spesifik tentang kesehatan Anda dan bayi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum hamil dan minta mereka merekomendasikan satu untuk Anda. Alasannya adalah dokter Anda mengetahui riwayat medis Anda dan akan diperlengkapi untuk menyarankan vitamin prenatal yang memiliki semua komponen vitamin dan mineral yang sempurna untuk Anda.

Kemungkinan risiko terkait dengan vitamin prenatal

Sementara vitamin prenatal pada dasarnya baik untuk wanita hamil atau orang yang berencana untuk hamil, kadang-kadang mereka juga datang dengan beberapa faktor risiko. Beberapa vitamin prenatal dapat memicu efek samping yang bersifat alergi seperti gatal-gatal, pembengkakan tenggorokan dan mulut atau kesulitan bernafas. Jika salah satu dari reaksi ini terjadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dengan cepat.

Beberapa individu yang terlalu antusias kadang-kadang mengonsumsi banyak suplemen dan ini dapat menyebabkan lebih banyak ruginya daripada baik karena kelebihan kadar vitamin tertentu dalam tubuh dapat menjadi racun. Masalah kecil lainnya termasuk mual atau sembelit dan dokter menganjurkan agar Anda minum segelas penuh air sambil minum vitamin prenatal.

Selain itu, vitamin prenatal adalah sumber nutrisi penting untuk ibu dan bayi. Tentu saja, Anda harus memasukkan makanan segar dan bergizi dalam diet Anda juga dan tidak hanya bergantung pada vitamin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.