4 Struktur Penulisan Berita Sesuai Kaidah Jurnalistik

Struktur Penulisan Berita Sesuai Kaidah Jurnalistik

Berita (news) adalah laporan dari suatu peristiwa atau sesuatu yang terjadi berdasarkan peristiwa yang memiliki nilai penting dan / atau menarik. Semua berita harus ditulis dengan berita yang baik dan benar. Struktur berikut adalah penulisan berita yang baik dan benar.

Saat menyampaikan berita, wartawan akan menggunakan struktur tulisan “Inverse Pyramid”. Artinya, Jasa SEO Pekanbaru jurnalis akan menulis sebagai piramida terbalik / segitiga, di mana informasi berita yang paling penting harus disampaikan di awal berita dan kemudian informasi itu tidak sepenting paragraf pembuka.

Tujuan dari struktur penulisan ini adalah agar masyarakat dapat terus memahami esensi acara, bahkan jika hanya dibaca sebentar atau awalnya. Jika Anda benar-benar tertarik dan memiliki lebih banyak waktu, Anda dapat membaca berita selengkapnya untuk mengetahui detailnya.

Struktur penulisan berita

Berikut adalah struktur penulisan berita “Inverse Pyramid”:

Judul / Kepala

Setiap berita harus memiliki judul di bagian atas. Judul tidak boleh terlalu panjang, tetapi merangkum isi berita (3-5 kata).

Contoh: “Stupy, Program Kerja Asosiasi UNISBA”

Teras / Berita Utama

Teras berita adalah paragraf pembuka dari sebuah cerita yang berisi informasi berita paling penting. Item berita yang termasuk dalam dek berita adalah apa, kapan, di mana, dan siapa.

Contoh: Asosiasi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI) menerima kunjungan dari Keluarga Mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Bandung (KMJ UNISBA) pada Selasa (1/12) di Gedung Auditorium Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial. dan Ilmu Politik (FISIP UI).

Isi berita / badan

Dua elemen yang tersisa, yaitu, mengapa dan bagaimana, dapat ditulis dalam konten berita. Bagian ini akan berisi detail atau kronologi acara, termasuk kutipan dari wawancara dengan pembicara.

Contoh: Kunjungan yang dimulai pukul 09.00 WIB bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang dunia konferensi dan organisasi. Setelah pengamatan dan presentasi pada profil perusahaan dari dua set, acara berikutnya adalah sesi tanya jawab.

Faris Fakhriansyah, presiden KMJ UNISBA mengatakan bahwa kunjungan Kursus SEO Pekanbaru ini adalah salah satu program kerjanya (proker), “Proker kami bernama Happy Study (Stuppy). Jadi acara kami adalah mengunjungi universitas. Sekarang untuk tahun ini kami memilih UI. Jika Tahun sebelumnya KMJ UNISBA mengunjungi Universitas Brawijaya (Malang) “.

Leg

Bagian terakhir ini dapat berisi informasi pendukung, seperti cerita latar belakang. Backstory adalah informasi sebelumnya yang terkait dengan berita sehingga masyarakat memahaminya dengan lebih baik.

Contoh: Kunjungan dari universitas lain ini bukan kunjungan pertama yang diperoleh HMIK UI. Sebelumnya, antarmuka pengguna HMIK juga berasal dari universitas di Indonesia dan luar negeri, seperti Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Bengkulu, Universitas Petra Santa Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPN) dan Universitas MARA Malaysia.

Saat menulis berita, elemen-elemen ini harus ada di sana untuk melengkapi konten berita yang ditulis dengan struktur “Reverse Pyramid”. Meskipun kami belum dapat menjawab enam elemen berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana), kita harus mengatakan bahwa kami akan melaporkan informasi yang belum ada di berita berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.