Tips Membuat Performa Laptop Jadi Kenceng

Tips Membuat Performa Laptop Jadi Kenceng

Ini adalah dilema jika Anda memiliki uang minimal tetapi ingin memiliki laptop, Anda ingin membeli laptop kedua tetapi Anda meragukan kualitasnya, sementara membeli yang baru mendapatkan spesifikasi normal yang bahkan bisa disebut “kentang”, jadi beli yang baru satu untuk mendapatkan laptop yang akan menjamin kualitas. Tetapi setelah membeli laptop baru, saya menyadari bahwa spesifikasi itu benar-benar “ayah”, hanya memainkan game itu sulit untuk mendapatkan FPS yang dapat dimainkan untuk membuka aplikasi sangat lambat.

Sekarang, kali ini, pemmzchannel akan ditampilkan untuk berbagi kiat “cara membuat laptop murah begitu cepat” menggunakan laptop HP Pavilion 14s-CF1046TU, yang dibanderol dengan harga Rp. 3.949.000 memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Spesifikasi awal

Dengan spesifikasi seperti itu, hampir semua gim dapat ditentukan, sehingga beberapa program tidak dapat berjalan dengan lancar bersama dengan waktu boot yang cukup lambat, jadi langsung saja masuk ke diskusi.

Penyimpanan dan RAM

Penyimpanan dan RAM adalah solusi untuk meningkatkan kinerja laptop murah atau laptop dengan spesifikasi biasa-biasa saja, terlebih lagi jika laptop memiliki spesifikasi CPU dan GPU biasa-biasa saja, cenderung tidak cocok hanya untuk menjalankan beberapa perangkat lunak atau game selain laptop kami. Kali ini, penggunaan konten juga menggunakan HDD dan RAM 4GB penyimpanan dengan CPU Intel Celeron 4205U. Yuks lihat lihat ke Toko Komputer Pekanbaru bagi kalian yang ingin membeli komputer terbaik di Pekanbaru.

Untuk menambah RAM, kami menggunakan RAM Group Group DDR4 4GB dengan kecepatan 2666Mhz, jadi laptop ini akan memiliki RAM dengan total kapasitas 8GB dan akan bekerja pada saluran ganda 2133Mhz, mengapa lebih sedikit? Karena RAM default laptop ini dilas dengan kecepatan RAM 2133Mhz dan prinsip dasar kecepatan RAM adalah mengikuti kecepatan memori yang lebih rendah.

Untuk penyimpanan dan juga untuk mempercepat proses memulai dan membuka dan menutup aplikasi, kami menambahkan penyimpanan tipe Samsung M.2 NVMe SSD dengan tipe MZ-VLB2560 dengan kapasitas 256 GB, terdengar terlalu banyak untuk spesifikasi ini. laptop, tetapi kami juga ingin menguji apakah menggunakan SSD yang dinilai sangat cepat dapat memberikan peningkatan kinerja yang signifikan pada laptop ini. Sebelum memasuki sesi tes kinerja, berikut adalah hasil pengujian kecepatan baca dan tulis pada penyimpanan laptop ini.

Performa

Kami menguji kapasitas laptop ini dengan dua skenario berbeda, yaitu dengan menggunakan spesifikasi default laptop ini di mana 4GB RAM dengan 5400rpm penyimpanan hard drive dan spesifikasi telah diperbarui di bagian tentang RAM dan penyimpanan yang telah kami jelaskan di atas, dan untuk pengujian Kami menggunakan dua game eSport dan perangkat lunak referensi PCMark 8 untuk mensimulasikan penggunaan perangkat lunak Adobe After Effect dan Adobe Photoshop, kami juga mengukur waktu boot pada laptop ini menggunakan stopwatch untuk setiap tahap.

Dalam skenario spesifikasi default, game dan perangkat lunak referensi dapat dijalankan pada laptop ini dengan catatan bahwa FPS yang dihasilkan dalam sesi game sangat minim, membuat game kurang nyaman dan cenderung tidak mungkin untuk bermain. Sementara dalam sesi simulasi, menggunakan perangkat lunak Adobe dengan PCMark 8 mencatat waktu respons yang cukup lama, waktu boot juga cukup lama hampir satu menit, ini adalah dampak dari kapasitas RAM minimum dan Penggunaan penyimpanan HDD. Ada banyak Toko Laptop Pekanbaru yang bisa kamu jadikan referensi untuk membeli laptop terbaik, kami sudah membahasnya.

Saat memasuki skenario spesifikasi upgrade, laptop ini menunjukkan peningkatan kinerja berkat penambahan RAM dan penyimpanan. Dalam sesi permainan ada peningkatan FPS yang sangat signifikan, lebih dari 10 fps dalam rata-rata atau rata-rata fps yang dihasilkan, membuat game lebih dapat dimainkan meskipun tidak dinilai kompetitif, setidaknya jauh lebih baik daripada spesifikasi yang telah ditentukan. Kemudian, untuk sesi simulasi dengan perangkat lunak Adobe, waktu penyelesaian juga meningkat jauh lebih cepat sebesar 75%, dan menjadi jelas bahwa ada peningkatan waktu boot yang jauh lebih pendek.

After – Before

Sejujurnya, menurut pendapat kami, laptop ini memiliki kinerja yang cukup mengecewakan jika belum diperbarui, karena penggunaan RAM 4GB dan penyimpanan tipe HDD di laptop ini, sehingga proses booting digunakan untuk Beberapa perangkat lunak dan game juga membutuhkan kesabaran ekstra. Namun semuanya berhasil ketika kami menambahkan RAM dan penyimpanan M.2 NVMe SSD, hampir semua keluhan kami telah diatasi, dari waktu boot yang lama hingga penggunaan perangkat lunak dan permainan yang jauh lebih baik. Ya, meskipun masih terasa lambat, tetapi kami mengerti mengapa laptop yang kami gunakan memiliki spesifikasi yang sangat biasa-biasa saja dengan harga yang sangat murah.

Kesimpulan

Saat menambahkan RAM dan penyimpanan tipe SSD untuk meningkatkan kinerja laptop ini secara signifikan, harap perhatikan bahwa beberapa tes yang ditunjukkan di atas adalah tes dengan skenario penggunaan paling parah. Jadi jika program yang Anda jalankan hanya msoffice atau perangkat lunak ringan lainnya maka Anda akan merasa sangat nyaman.

Untuk mengimbangi peningkatan kinerja yang dihasilkan, Anda hanya perlu menghabiskan antara 400 dan 600 ribu untuk DDR4 SODIMM RAM, tergantung pada merek dan kecepatan memori; jadi untuk SSD itu sendiri karena dalam skenario pengujian ini kami menggunakan M.2 NVMe SSD, dan kami memahami bahwa laptop dalam kisaran harga 4 juta tidak selalu memiliki slot untuk SSD jenis ini, Anda dapat menggunakan SSD SATA dari 2,5 inci yang Anda dapat mulai dari 400 ribu untuk kapasitas 128 GB, kecepatannya tidak akan secepat M.2 NVMe SSD, tetapi setidaknya SSD SATA jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan HDD saja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.