Monumen Jogja Kembali, Akses, Harga Tiket, Aktivitas

Monumen Jogja Kembali Jogja

Monumen Jogja kembali menawarkan kesan wisata sejarah untuk turnya. Tentunya sangat sayang jika itu terjadi. Menambahkan pengetahuan, serta mengetahui sejarah di masa lalu, adalah proses yang sangat memperkaya stok pengetahuan. Monjali adalah nama lain untuk monumen Jogja. Monumen JogjaLib ini adalah simbol yang menandai kembalinya operasi pemerintah Republik Indonesia. Secara otomatis pada waktu itu, Belanda telah menarik diri dari kota Yogyakarta. Monumen ini juga merupakan kisah kembalinya Presiden Sukarno dan Mohammad Hatta ditemani oleh pejabat lain pada 6 Juli 1949 setelah pengasingan.

Desain yang menarik dari monumen ini adalah bentuknya yang menyerupai gunung. Ternyata ini dilakukan dengan sengaja untuk menggambarkan kesuburan dan pelestarian budaya leluhur sebelumnya. Tempat di mana bangunan ini berada juga mengikuti budaya Jogja, yang berada pada poros imajiner yang terhubung dengan Merapi, Tugu, Kraton, Stage Krapyak, dan Parangtritis. Untuk menemukan titik imajiner monumen ini, Anda bisa naik ke lantai tiga.

Akses ke Monumen Jogja Kembali

Nah, bagi Anda yang mencari akses ke museum ini, berikut adalah beberapa akses yang dapat memberikan petunjuk.

Dari stasiun monumen

Jika Anda berada di stasiun monumen, jarak ke Monjali adalah sekitar 2 km. Anda dapat menggunakan ojek atau taksi. Juga, jika Anda ingin menggunakan layanan transportasi umum Kobutri, ambil jalur 17 dan kemudian turun di Pingit, kemudian lanjutkan naik bus ke Tempel dan turun di Ringroad. Ketika Anda tiba di Ringroad, Anda dapat berjalan atau naik becak ke Monjali.

Dari bandara Adisucipto

Bagi mereka yang memulai perjalanan dari bandara Adisucipto, mereka dapat naik bus Transjogja yang berangkat setiap 15 menit. Jangan lupa untuk bertanya kepada petugas tentang rute Monjali terlebih dahulu. Selain bus, Anda dapat memilih untuk naik taksi. Tentu saja akan tiba lebih cepat. Tapi ingatlah untuk menjadi baik ketika menawar untuk taksi yang tidak menggunakan meteran. Selain taksi, ojek juga bisa jadi pilihan. Sekali lagi, jangan lupa untuk berhati-hati saat menawar harga.

Dari terminal Giwangan

Jika Anda dari terminal Giwangan, ada dua opsi yang dapat Anda ambil untuk sampai ke Monjali. Pertama, naik bus Transjogja dan kedua, ambil bus Tempel, lalu naik becak atau berjalan.

Dari stasiun Lempuyangan

Jika Anda dari stasiun Lempuyangan, Anda dapat menggunakan ojek atau taksi untuk sampai ke lokasi Monjali.

Dari terminal Jombor

Anda yang berada di terminal Jombor dapat menggunakan bus TransJogja untuk sampai ke Monjali. Selain itu, Anda dapat memilih untuk menggunakan becak atau berjalan kaki.

Harga tiket masuk ke Monumen Jogja Kembali

Sedangkan untuk harga tiket, untuk memasuki monumen ini, ongkos yang dikenakan adalah Rp.10.000 per orang. Fasilitas yang tersedia di sekitar Monjali adalah tempat parkir, taman Pelangi, kamar mandi, restoran, dan lainnya.

Aktivitas di Monumen Jogja kembali

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Monjali adalah menyaksikan beberapa koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi perjuangan rakyat Indonesia, khususnya Yogyakarta untuk mendapatkan kemerdekaan. Satu-satunya sisi di sini adalah Anda dapat menemukan ruangan khusus yang disebut keheningan. Bagi Anda yang menginginkan Travel Jakarta Bandung suasana hening dan ingin mendoakan para pahlawan yang telah jatuh, maka ruangan ini sangat cocok untuk Anda. Kamar ini berada di lantai atas lantai empat. Selain itu, Anda dapat melihat berbagai replika, termasuk replika pesawat Cureng.

Nah, itulah informasi tentang nasib Monumen Jogja lagi, mulai dari akses ke lokasi, harga pintu masuk hingga kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Jika Anda tertarik, maka sekarang saatnya untuk bersiap. Jangan lupa untuk mengundang anggota keluarga Anda sehingga mereka bisa mendapatkan pendidikan sejarah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.